Sekda Minta Sejarah Kecamatan Tomini Untuk Dibukukan

Fayruz
Sekda Parigi Moutong, Zulfinasran STRP MAP, Menjadi Irup pada HUT Kecamatan Tomini ke 14, Selasa 18 Januari 2022.(Foto : Bag Prokopim Serda)

TOMINI, EQUATORNEWS – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran STTP MAP, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-14 Kecamatan Tomini, kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Camat Tomini dan turut dihadiri Kepala dinas PUPRP Azis Tombolotutu, Kepala dinas Dukcapil Hamran Pakaya, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tomini, para Mantan Camat Tomini, dan sejumlah tokoh pemekaran, Selasa (18/1/ 2022).

Sekda Zulfinasran, menyebutkan bahwa 14 tahun perjalanan Kecamatan Tomini, adalah merupakan momentum untuk instropeksi bersama, antara pemerintah, maupun masyarakat, mengambil sikap, tekad, guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan, serta kemakmuran.

Dikatakannya, berkembangnya sebuah kecamatan sangat ditentukan oleh seluruh elemen masyarakat di wilayahnya, sehingga bukan hanya seorang camat saja, namun harus dibantu perangkatnya, serta didukung oleh komponen masyarakat, dengan saling membangun kerjasama, gotongroyong sehingga terciptanya kekuatan dalam suatu kerukunan antara warga yang mampu memberikan kebersamaan yang harmonis.

Pada kesempatan itu Sekda berpesan, khususnya Kecamatan Tomini untuk terus maju, kreatif, inovatif dalam bekerja dan aktif disetiap pembangunan demi mensejahterakan masyarakat, umumnya masyarakat Parigi Moutong dan khususnya Kecamatan Tomini.

” Kita telah mendengar sejarah singkat terbentuknya Kecamatan Tomini, masukan dari saya bahwa apa yang dibacakan tadi merupakan bagian dari sejarah, dan nama-nama yang disebutkan merupakan pelaku sejarah yang ada di Kecamatan Tomini.

“Kedepannya pihak kecamatan bisa membuat prasasti yang menyebutkan nama-nama parah pejuang pemekaran pada saat itu, seperti yang pernah saya lakukan pada saat menjadi Camat Torue pada tahun 2012,” tutur Zulfinasran.

Lebih lanjut kata Zulfinasran, dengan prasasti tersebut, sejarah akan mencatat, dan masyarakat kita akan mengetahui siapa-siapa saja yang selama ini berjuang pada waktu itu.

” Tidak ada salahnya sejarah yang dibacakan tadi dibuat cetakan buku sejarah terbentuknya Kecamatan Tomini, ” pesan Zulfinasran.

FAYRUZ / BAG PROKOPIM SETDA

Bagika Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *